Jangan Salah! Ini Prosedur dan Manfaat dari Scaling Gigi

Permasalahan pada gigi dan mulut bisa dicegah dengan melakukan pemeliharaan kesehatan gigi secara rutin. Salah satu tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah permasalahan tersebut adalah scaling gigi.

Ternyata, tindakan itu sendiri mempunyai berbagai manfaat positif untuk kesehatan gigi lho. Lalu, bagaimana prosedur dalam melakukan tindakan tersebut? Nah, berikut merupakan beberapa prosedurnya yang biasa dilakukan oleh dokter gigi.

Prosedur Scaling Gigi

Saat melakukan pembersihan karang gigi pada pasien, dokter akan melakukan beberapa langkah sebagai berikut :

• Pertama, dokter gigi akan memberikan anestesi lokal sesuai kebutuhan untuk menghilangkan rasa nyeri yang muncul.
  • Selanjutnya adalah proses pembersihan karang gigi menggunakan alat pengikis gelombang ultrasonik. Dimana alat ini akan mengeluarkan getaran yang mampu menghilangkan karang gigi dan plak.
  • Lalu dokter akan membersihkan sisa-sisa dari karang gigi dan plak yang tidak bisa dijangkau oleh alat pengikis gelombang ultrasonik. Langkah ini dilakukan menggunakan alat pengikis manual atau biasa disebut scaler.
  • Setelah tidak ada sisa-sisa plak dan karang gigi, kemudian dokter akan meminta pasien untuk berkumur beberapa kali. Tujuannya, untuk membuang sisa-sisa plak tersebut dari dalam mulut pasien.
  • Pada tahap terakhir, dokter gigi akan memoles gigi pasien menggunakan alat pemoles yang dilengkapi dengan karet lembut di bagiannya ujungnya.

Manfaat Scaling Gigi

Tindakan scaling gigi merupakan tindakan non-operasi yang dilakukan oleh dokter untuk membersihkan karang gigi yang mengandung jutaan bakteri. Selain itu, tindakan tersebut memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah :

• Membersihkan semua plak dan karang gigi yang menempel termasuk di garis gusi yang tidak bisa dijangkau dengan bulu sikat gigi.
  • Mencegah masalah gigi seperti bau mulut (halitosis), gigi berlubang, dan gigi goyang.
  • Mencegah gingivitis yang disebabkan oleh karang gigi yang mengeras. Gingivitis bisa menyebabkan gusi meradang, membengkak, dan mudah berdarah.

Sebagai informasi tambahan, jika gingivitis dibiarkan terus menerus, dapat menyebabkan karies gigi.

• Saat kondisi gingivitis tidak segera diobati, maka kondisi akan semakin parah dan menyebabkan periodontitis. Untuk itu, perlu dilakukan pembersihan karang gigi.
  • Mencegah penyakit jantung. Bakteri yang ada pada karang gigi bisa menginfeksi jaringan penyangga gigi dan juga bisa menyebar ke seluruh tubuh.

Kemudian, bakteri tersebut masuk ke aliran darah dan masuk ke organ-organ tubuh lainnya, salah satunya adalah jantung.

Itulah penjelasan mengenai prosedur dan manfaat dari pembersihan karang gigi. Lakukan scaling gigi setiap 6 bulan sekali untuk mencegah berbagai macam permasalahan pada gigi dan mulut.

Dengan melakukan scaling gigi secara berkala, kita bisa mencegah berbagai masalah pada gigi dan mulut, mulai dari bau mulut, gigi berlubang, dan lainnya. Jangan tunggu hingga terkena masalah, segera lakukan perawatan gigi tersebut di Klinik Denta dengan fasilitas dan pelayanan yang terbaik, serta dokter gigi yang berpengalaman dan ahli dalam bidangnya. Nikmati pembersihan gigi dan mulut yang nyaman dan efektif di klinik kami.