cabut gigi bungsu

Alami Ciri-Ciri Berikut? Ini Tandanya Perlu Cabut Gigi Bungsu

Gigi bungsu atau gigi geraham ketiga merupakan bagian penting dari susunan gigi manusia yang terletak di ujung rahang atas dan bawah. Biasanya, gigi bungsu tumbuh ketika seseorang memasuki usia dewasa, berkisar antara usia 17 hingga 20 tahun. Meskipun demikian, tidak semua orang mengalami kelancaran dalam proses tersebut, sehingga ada kalanya seseorang harus cabut gigi bungsu.

Meskipun sebagian besar orang tidak mengalami masalah serius dengan gigi bungsu mereka, ada situasi di mana pencabutan menjadi langkah yang diperlukan. Bagaimana ciri-ciri kondisi gigi yang perlu pencabutan tersebut?

Tanda Harus Segera Cabut Gigi Bungsu

Prosedur pencabutan gigi bungsu umumnya tidak langsung dilakukan. Prosedur ini hanya akan direkomendasikan dokter pada beberapa orang yang sudah mengalami tanda-tanda krusial berikut ini:

1. Keadaan Gusi yang Bengkak

Gusi yang bengkak akan membuat penderitanya tidak nyaman saat makan dan gosok gigi. Akibatnya, gusi pun akan lebih mudah terinfeksi. Karena itulah, jika Anda mulai mengalami kondisi satu ini, jangan tunda untuk melakukan prosedur pencabutan gigi bungsu sekarang juga!

2. Rasa Nyeri yang Tidak Tertahankan

Tanda selanjutnya adalah timbul rasa nyeri luar biasa. Rasa nyeri ini disebabkan karena gusi yang meradang akibat infeksi. Kalau sudah begini, dokter biasanya akan meresepkan obat anti nyeri terlebih dahulu. Namun, jika nyeri tidak kunjung hilang, maka prosedur cabut gigi bungsu harus disegerakan.

3. Gigi Berjejal

Terkadang pertumbuhan gigi bungsu tidak teratur sehingga membuat gigi jadi berjejal. Kondisi gigi yang berjejal akan membuat kondisi fisik gigi lainnya mengalami pergeseran. Jadi, untuk menghindari hal tersebut, sangat disarankan untuk segera mencabut gigi bungsu yang posisinya mengganggu.

4. Terjadinya Pergeseran Garis Rahang

Selain kondisi fisik yang berjejal, pertumbuhan gigi bungsu tidak sempurna juga menyebabkan terjadinya pergeseran garis rahang. Hal inilah yang membuat mulut beberapa orang jadi tidak bisa tertutup dengan baik. Apakah Anda mengalami hal ini? Jika ya, maka cabut gigi bungsu adalah solusinya!

5. Meningkatkan Masalah Sinus

Tumbuhnya gigi bungsu juga ternyata bisa memberikan tekanan tambahan. Akibatnya, kepala pun terasa lebih berat dan tidak nyaman sehingga hidung mudah tersumbat dan meningkatkan masalah sinus. Jika sudah ada tanda satu ini, maka dokter pun akan langsung menyarankan untuk mencabut.

Nah, penting untuk memahami tanda-tanda diatas, agar jika Anda mengalaminya, dapat segera berkonsultasi dengan dokter gigi. Tindakan cepat akan membantu mencegah potensi masalah lebih lanjut dan memastikan kesehatan gigi dan mulut yang optimal.

Apakah Anda mengalami salah satu dari kelima gejala tersebut? Jika ya, maka ayo segera datang dan lakukan prosedur cabut gigi bungsu di Klinik Denta. Selain itu, Anda dapat menjadwalkan pemeriksaan rutin untuk memantau perkembangan gigi bungsu bersama dokter gigi profesional kami yang telah berpengalaman. Kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

Jangan tunda lagi, hubungi Klinik Denta untuk konsultasi dan penanganan yang tepat.