Intip Alasan Mengapa Gigi Bungsu Perlu Dioperasi

Tahukah Anda, bahwa ternyata gigi bungsu tidak harus dicabut apabila memang memiliki ruang yang cukup untuk tumbuh. Namun, jika kemunculan gigi tersebut menyebabkan impaksi atau permasalahan lainnya, maka operasi gigi bungsu perlu dilakukan sesegera mungkin.

Dalam beberapa kasus, operasi gigi bungsu harus dilakukan karena adanya alasan yang memang mengharuskannya untuk dicabut. Bagi Anda yang memiliki jenis gigi ini, alangkah baiknya membaca artikel ini terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk operasi.

Masalah yang Bisa Diakibatkan oleh Gigi Bungsu

Tidak semua orang mengalami pertumbuhan gigi bungsu dengan baik. Sebagian orang, mengalami pertumbuhan gigi bungsu dengan tidak normal seperti miring atau melintang yang disebut dengan impaksi.

Jika mengalami impaksi, sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter gigi. Dokter gigi akan memantau secara rutin kondisi impaksi tersebut akan menimbulkan kondisi serius atau tidak. Saat impaksi gigi menyebabkan rasa nyeri, maka bisa menimbulkan masalah seperti:

• Kerusakan pada gigi
  • Penyakit atau pendarahan gusi
  • Infeksi pada jaringan lunak gigi
  • Infeksi bakteri pada area mulut
  • Kista gigi
  • Abses gigi
  • Bau mulut
  • Gusi bengkak

Tanda Harus Melakukan Operasi

Gigi bungsu harus segera dicabut apabila terjadi infeksi yang bisa memicu rasa nyeri berlebihan dan bisa merusak gigi yang ada di sekitarnya.

Operasi Gigi Bungsu

Saat pasien mempunyai beberapa masalah kesehatan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi gigi bungsu. Operasi ini biasanya dilakukan oleh dokter gigi atau spesialis bedah mulut.

Waktu yang diperlukan untuk melakukan operasi ini, kurang lebih berdurasi selama 20 menit. Dokter akan memberikan anestesi lokal di sekitar gigi bungsu yang akan dioperasi. Lalu akan menggoyangkan nya ke arah depan dan belakang untuk memperluas ruang gusi.

Pada kondisi tertentu, dilakukan tindakan tambahan seperti pemecahan gigi atau sayatan gusi supaya gigi bungsu mudah dikeluarkan. Setelah itu gigi bungsu akan dicabut.

Mengatasi Nyeri Setelah Operasi Gigi Bungsu

Setelah tindakan operasi biasanya akan ada pembengkakan dan rasa sakit di area mulut selama 3-14 hari. Untuk meredakannya bisa menggunakan obat pereda nyeri yang telah diresepkan oleh dokter. Selain itu ada beberapa tips lainnya yang bisa dilakukan, contohnya seperti:

• Menghindari berbagai kegiatan berat selama 1 minggu supaya gumpalan darah tidak terlepas.
  • Tidak perlu menyikat gigi dan memakai obat kumur selama 24 jam pertama pasca operasi.
  • Mengkonsumsi makanan dengan tekstur lembut.
  • Menghindari makanan panas, pedas, dingin, dan berkafein.
  • Menghindari rokok selama 3 hari.

Jika ada keluhan lain setelah operasi gigi bungsu dilakukan, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Punya rencana memeriksakan kondisi gigi bungsu? Dan, perlu dokter yang berpengalaman dan ahli?

Klinik Denta merupakan solusi yang paling tepat untuk Anda. Karena, mereka memiliki dokter-dokter spesialis dan berpengalaman, yang siap melayani Anda dalam melakukan perawatan gigi.