Ini Dia Waktu yang Tepat Melakukan Operasi Gigi Bungsu

Operasi gigi bungsu merupakan tindakan yang dilakukan untuk mencabut gigi disudut belakang bagian bawah atau atas. Tindakan ini bisa dilakukan ketika Anda sudah mengalami permasalahan yang sangat parah pada bagian gigi bungsu.

Gigi bungsu biasanya tumbuh disaat Anda berusia 17-25 tahun yang pertumbuhannya bisa membuat Anda tidak nyaman dan merasa kesakitan. Jika masalah sudah mulai parah, maka Anda diharuskan untuk segera melakukan tindakan operasi ke dokter spesialis bedah mulut.

Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Pada Gigi Bungsu

Munculnya gigi bungsu di dalam mulut dapat menyebabkan masalah yang bisa membuat Anda tidak nyaman. Namun, jika gigi bungsu tumbuh secara normal, maka hal ini tidak menimbulkan masalah kesehatan pada gigi Anda.

Gigi bungsu yang bermasalah disebut juga dengan impaksi gigi. Ketika Anda sudah mengalami impaksi gigi yang sudah parah, mungkin Anda akan disarankan untuk menjalankan operasi gigi bungsu.

Namun tidak sembarang melakukan operasi saja, Anda harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter gigi. Karena jika impaksi gigi tidak terlalu mengganggu, maka biasanya Anda hanya disarankan untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin.

Masalah kesehatan yang sering muncul karena gigi bungsu yaitu kerusakan gigi, penyakit gusi, infeksi bakteri disekitar mulut, gigi berlubang dan lain-lain.

Jika Anda sudah mengalami gejala infeksi gigi seperti gusi bengkak, sakit gigi, dan bau mulut. Mungkin dokter akan menyarankan Anda untuk segera melakukan tindakan operasi.

Waktu yang Tepat Untuk Operasi Pengangkatan Gigi Bungsu

Jika gigi bungsu Anda sudah mengalami permasalahan yang sangat parah hingga timbulnya infeksi pada gigi secara terus menerus. Maka itulah waktu yang tepat untuk melakukan tindakan pengangkatan gigi bungsu.

Operasi tersebut biasanya dilakukan oleh dokter spesialis bedah mulut yang membutuhkan waktu selama 20 menit atau lebih. Sebelum melakukan operasi, pasien akan dibius terlebih dahulu di sekitar area gigi saja.

Adapun biaya operasi gigi geraham/bungsu berkisar pada Rp220.000 hingga Rp5000.000. Namun hal ini tergantung dari klinik tempat dokter tersebut bekerja.

Jika Anda ingin melakukan perawatan atau operasi gigi bungsu dengan fasilitas dan layanan terbaik, Anda bisa berkunjung ke Klinik Denta. Dengan dokter yang handal dan peralatan berteknologi canggih, Anda dapat melakukan perawatan dengan nyaman.